Pelantikan OSIS dan MPK Periode 2023-2024

Jumat, 3 Maret 2023 adalah hari pelantikan OSIS dan MPK periode 2023-2024. Waktu yang paling dinanti oleh para pengurus OSIS dan MPK periode 2022-2023 sebab seolah-olah mereka terlepas dari belenggu tanggung jawab yang begitu besar. Wajar saja apabila hal itu mereka rasakan karena di dalam organisasi banyak kenangan maupun pengalaman baru yang belum pernah mereka rasakan dan yang membutuhkan pengorbanan waktu, pikiran, bahkan tenaga untuk dapat melaluinya. Memang waktu setahun berlalu begitu cepat, namun kenangan yang mereka dapat akan selalu mereka ingat, baik kenangan yang membahagiakan  maupun kenangan-kenangan pahit yang didapat. Itu semua mereka terima dan akui sebagai hadiah dari bentuk keterlibatan dalam organisasi.

Prosesi pelantikan pengurus baru  OSIS dan MPK periode 2023-2024 dilaksanakan pada saat Misa Jumat pertama yang diikuti oleh seluruh siswa dan siswi SMA Fons Vitae 1. Misa berjalan seperti pada biasa hanya saja sebelum homili diisi dengan prosesi pelantikan pengurus OSIS dan MPK. Pada prosesi tersebut semua pengurus  OSIS dan MPK dipersilakan untuk maju ke depan altar dan mengucapkan janji OSIS secara bersama-sama yang dipimpin oleh Ibu Thea selaku pembina OSIS. Tangan kanan mengepal di dada serta pengucapan yang lantang menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para pengurus karena telah diberi kepercayaan yang tinggi untuk dapat bertanggung jawab sebagai pemimpin di dalam organisasi sekolah. Prosesi pelantikan pun dilanjutkan dengan penciuman bendera merah putih dan bendera OSIS yang dilakukan oleh seluruh pengurus baru sebagai bentuk penghormatan. Suara alunan musik yang dibawakan oleh paduan suara siswa menambah kesan mendalam bagi para pengurus baru untuk tidak hanya sekadar menghormati tetapi juga mengabdi dengan setulus hati.

Di dalam homili seusai pelantikan, secara khusus Romo Yohanes Antonius Lelaona, SVD  memberikan motivasi-motivasi kepada para pengurus baru untuk dapat menjadi pengurus yang benar, bijak, dan berwibawa. Romo juga memberikan pertanyaan yang bisa dikatakan sebagai “Pertanyaan jebakan” kepada pengurus baru yang dijawab oleh Rhenasya Joyce Auberta selaku ketua umum OSIS sebagai perwakilan dari keseluruhan pengurus. Adapun pertanyaan yang diberikannya, yaitu “Kalian lebih pilih disenangi atau dihormati?” Sebagai manusia pasti ingin dua-duanya yaitu disenangi sekaligus dihormati, namun jika diwajibkan untuk memilih salah satu maka piluhan yang tepat adalah disenangi karena dengan disenangi maka sudah pasti dihormati, tetapi jika hanya sekedar dihormati maka belum tentu disenangi.

Seusai pelantikan, para pengurus berfoto bersama baik dengan pengurus baru maupun dengan pengurus lama yang sudah lepas masa jabatannya. Tidak hanya sekadar berfoto, mereka juga saling memberikan semangat satu sama lain untuk bisa menjalani masa kepengurusan yang baru dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi seperti yang telah diamanatkan oleh Romo.

Share This Post!