Million of Talent, in Fonsvinacent 64

Fransiskus Day adalah kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 4 Oktober 2023 dalam rangka hari peringatan Santo Fransiskus dari Asisi yang merupakan Santo penyayang lingkungan alam. Santo Fransiskus menjadi santo pembentuk Ordo OSF dan pelindung Sekolah Marsudirini.

Fransiskus day diselenggarakan oleh panitia gabungan dari TK, SD, SMP, SMA, Susteran Yayasan Marsudirini Cabang Matraman. Kegiatan dilaksanakan di Kompleks Marsudirini Matraman.

Para peserta yang terdiri dari peserta dari perwakilan para guru dan siswa dari TK Cor Jesu, SD Marsudirini Matraman,  SMP Marsudirini Dewi Sartika, dan tentunya SMA Fons Vitae 1 berkumpul di lapangan parkir pada pukul tujuh pagi. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Suster M.Ancilla, OSF.,S.Pd.,M.M selaku ketua Yayasan Marsudirini Cabang Matraman dengan pelepasan burung merpati.

Setelah acara pembuka, para peserta mengikuti kegiatan fun walk dengan mengeliling jalan sekitar Matraman(Jalan Palmeriam 2,Jalan Salemba Utan Barat, Jalan Tegalan, Jalan Pramuka, dan Jalan Matraman Raya). Meneladani Santo Fransiskus yang cinta lingkungan dalam perjalanan fun walk para peserta mengambil sampah di sepanjang jalan untuk mengingatkan peserta yang harus cinta kepada alam di sekitar. Barisan dari peserta-peserta berjalan berbaris dalam satu rombongan yang dipimpin oleh suster, dengan baju seragam serta kostum yang mereka pakai.

Fransiskus Day kemudian dilanjutkan dengan penampilan Reog dari Universitas Negeri Jakarta yang sangat mengagumkan di tengah lapangan. Setelah itu, acara diisi dengan penampilan tarian persahabatan dari TK, Modern Dance dari SMA, dan tarian tradisional dari SMP, serta gerak lagu dari suster-suster OSF dan karyawan  susteran. Acara ini juga dimeriahkan dengan banyaknya doorprize bagi para peserta lomba yang diumumkan di sela sela penampilan dari para penampil. Dalam acara ini juga diisi dengan kegiatan-kegiatan lain seperti pemilihan kostum dan properti terbaik dari para peserta yang mengikuti, pemilihan penari terbaik, dan pemberian penghargaan kepada peserta yang paling antusias memungut sampah. Yang paling menarik adalah pembagiaan doorprize utama berupa kompor, sepeda listrik, dan kulkas

Acara ini juga dilengkapi bazaar bagi beberapa orang tua yang ingin berjualan dari minuman sampai makan-makanan ringan yang banyak dijual di pinggir lapangan. Di tengah-tengah acara juga disediakan konsumsi dari panitia. Acara ini ditutup dengan pengumuman doorprize utama seperti kompor, kulkas, dan sepeda listrik. Kemudian dilanjutkan dengan doa penutup dari Suster

Share This Post!