Million of Talent, in Fonsvinacent 64

Setelah melewati penilaian tengah semester yang cukup memeras tenaga dan pikiran,  tanggal 24-27 Oktober 2023,siswa-siswi  kelas 11 SMA Fons Vitae 1 didampingi wali kelas masing-masing mengikuti kegiatan Live in. Lokasi Live in tahun ini adalah Desa Gabugan, Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman, DIY.

Live in adalah kegiatan yang dinanti-nanti para siswa SMA Fons Vitae 1 saat di kelas XI kerena di saat live-in, para siswa dapat berekreasi sambil belajar. Terutama,  belajar dari kehidupan masyarakat di desa tempat mereka menginap dan mengikuti kegiatan pemilik rumah dan masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, meski  para siswa harus berkumpul pukul 04.30 di lapangan untuk berdoa dan menyanyikan mars Fons Vitae 1, para siswa tetap semangat menjalaninya. Demikian juga selama perjalanan sejak pukul 05.00, di bus tidak henti-hentinya mereka berkaraoke.

Setelah beberapa kali beristirahat dan makan siang, rombongan tiba di kawasan Candi Prambanan. Di sana mereka berkeliling untuk menikmati keindahan Candi Prambanan.

Pukul 17.30 rombongan keluar  untuk makan malam dan kembali lagi pada pukul 19.30 untuk menonton pergelaran sendratari Ramayana.  Pertunjukan sendratari Ramayana itu sukses memukau para penonton sehingga banyak peserta yang terkesan acara itu.

Selesai menonton pertunjukan Ramayana,  rombongan melanjutkan perjalanan ke lokasi live in dan tiba pukul 22.00. Di sana peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk ditempatkan di rumah-rumah warga. Malam itu tidak ada acara di lokasi karena peserta langsung istirahat di homestay masing-masing.

Hari ke-2, para peserta diajak untuk melakukan penelitian terhadap aktivitas masyarakat Desa Gabugan seperti, membatik, musik karawitan, budidaya ikan, budidaya burung puyuh, budidaya tomat, dan stratifikasi sosial, serta demografi  Desa Gabugan. Hasil penelitian kemudian dipresentasikan di depan para peserta dan guru pendamping.

Malamnya, diadakanlah acara pentas seni yang dihadiri masyarakat di Desa Gabugan. Dalam pentas seni tersebut para peserta menampilkan tarian dan drama per kelas. Tak ketinggalan, para guru juga ikut menyumbangkan tarian.

Hari ke-3  setelah  sarapan di homestay,  para peserta check out dari Desa Gabugan untuk melanjutkan perjalanan ke Kampus UPN Veteran Yogyakarta. Di UPN, peserta dibagi menjadi dua kelompok, siswa  IPA berkunjung ke Fakultas Teknologi Mineral, dan siswa  IPS berkunjung ke  Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selepas dari UPN para peserta diajak ke Kota Magelang untuk  menikmati wisata  VW Safari Borobudur, mengunjungi toko pembuatan rengginang, dan peternakan lebah. Hingga akhirnya, seluruh acara live in ditutup dengan wisata ke Malioboro.

Share This Post!