Ragam Penampilan Budaya

Pada tanggal 5-6 Oktober 2023, siswa-siswi kelas 10 SMA Fons Vitae 1 mengadakan gelar karya P5  yang pertama. Pada tanggal itu siswa-siswi kelas sepuluh bersama guru dan panitia P5 berkumpul di Aula lantai 4 sejak pukul 06.50.

Acara pada tanggal 5 Oktober dibuka dengan doa pagi dari sentral, sambutan dari  suster M.Ancilla,OSF,  dan pembacaan kriteria penilaian P5 dari Ibu Zhita agar siswa dapat memaksimalkan nilai-nilai mereka. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan penampilan-penampilan yang sudah disiapkan oleh siswa-siswi sesuai dengan petunjuk dari pembina di tiap kelas.

Pelaksanaan P5 pada hari petama itu secara keseluruhan berjalan dengan lancar sesuai rencana.  Meskipun ada sedikit kendala di sound sistem yang mengakibatkan terganggunya beberapa penampilan, para siswa tetap tampil sesuai harapan mereka.

Acara di hari kedua tanggal 6 Oktober agak sedikit berbeda dikarenakan pada hari itu bertepatan dengan Misa Jumat Pertama di Gereja Santo Yoseph sehingga acara baru bisa dimulai pukul 09.15. Akibatnya banyak penampilan yang terpotong untuk menyingkat waktu.

Pada Gelar karya P5 ini tema yang diangkat adalah “Bhineka Tunggal Ika”. Banyak pertunjukan kearifan budaya yang dipertunjukan kepada teman-teman sesama kelas X, guru serta Suster. Kearifan budaya itu ditampilkan dalam bentuk drama dan sajian makanan-makanan dan minuman daerah, serta wayang. Semua yang dipertunjukan diambil dari berbagai budaya daerah di Indonesia yang berbeda-beda.

Para penampil sudah menampilkan semua yang sudah mereka persiapkan sejak lama. Namun, karena ini merupakan penampilan perdana mereka, wajar kalau mereka merasa masih ragu-ragu. Para guru pun menilai Gelar Karya P5 kali ini berlancar cukup bagus karena para guru melihat bahwa mereka sudah menyiapkan P5 ini dengan penuh semangat dan penampilan dapat berlangsung dengan baik sehingga dapat memaksimalkan nilai mereka untuk rapor  P5 mereka.

Share This Post!