Preaload Image

Jelajahi Perguruan Tinggi Melalui Edufair FV1 2020

Memilih dan memutuskan untuk menetapkan diri di perguruan tinggi bukanlah hal yang mudah. Banyak pertimbangan yang menggelayut pada pikiran kebanyakan siswa, khususnya kelas XII SMA Marsudirini Fons Vitae 1. Hal yang menjadi pertimbangan antara lain pemilihan jurusan, pilihan universitas, lokasi kampus, biaya kuliah, dan prospek kerja setelah lulus. Hal ini selalu akan menjadi tanya ketika para calon mahasiswa berdiam diri.

Untuk menjawab semua pertanyaan ini, SMA Marsudirini Fons Vitae 1 Jakarta mengadakan pameran pendidikan dengan nama Virtual Edufair 2020. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu 13-14 Oktober 2020. Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini diikuti seluruh peserta didik SMA Marsudirini Fons Vitae 1. Kelas X dan XI mengikuti melalui laman youtube dan kelas XII melalui google meet sehingga kegiatan bejalan secara interaktif. Peserta didik kelas XII dengan bebas bertanya  kepada presenter yang bertugas.

Perguruan tinggi yang diundang untuk menyemarakkan edufair ini adalah Kwik Kian Gie, Kalbis, STP Trisakti, I3L, UMN, TSN, Ukrida, Atma Jaya, Untar, SGU, Binus, LSPR, dan UBM. Masing-masing perguruan tinggi mewakilkan presenter yang dapat menarik perhatian para peserta didik, sehingga membuat para peserta didik bertahan dari pukul 07.30 sampai selesai siang menjelang sore hari. Beberapa presenter merupakan alumni SMA Marsudirini Fons Vitae 1. Edufair ini sebagai ajang temu kangen juga dengan para guru.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Ibu Emiliana Endang I., Mpd ini dibuka dengan sambutan oleh kepala sekolah Sr. Marianne, OSF., S.Pd dan dilanjutkan presentasi perguruan tinggi secara bergilir. Sesi tanya jawab dilakukan dengan menulis di room chat dan  langsung dijawab. Kegiatan ini terasa sangat menarik dan tidak membosankan ketika di sela-sela presentasi ada beberapa perguruan tinggi yang memberi pertanyaan dan hadiah.

Melalui kegiatan ini banyak peserta didik yang mulai ada gambaran untuk masuk perguruan tinggi yang dipilih. Orang tua tentu saja juga memberi gambaran dan masukan, karena orang tua juga dihimbau untuk mengikuti edufair tersebut. Sebagai gambaran lain, moderator memutarkan video dari beberapa alumni yang memberi tips bagaimana memilih perguruan tinggi. Dari pengalaman para alumni,  kesuksesan dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi diawali pemilihan jurusan yang tepat atau  jurusan yang diminati. Pengalaman sukses beberapa alumni yang berkesempatan sharing melalui video tersebut diharapkan mampu memberi contoh dan semangat adik angkatan untuk mengikuti kesusksesan mereka. (Zhita)

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *